Kebenaran atau Persatuan ?

Rabu, 01 April 2009

Kebenaran atau Persatuan ?

Para pembaca mungkin bingung apa sih yang saya maksud seolah-olah kebenaran dan persatuan itu tidak bisa menjadi satu. Kemarin di status YM saya tertulis "manakah yang harus didahulukan menyampaikan kebenaran dengan resiko berkurangnya persatuan ataukah mengedepankan persatuan dengan resiko menyembunyikan kebenaran ?".

Kalau saya pribadi sih memilih opsi yang pertama menyampaikan kebenaran itu lebih diutamakan daripada mengedepankan persatuan soalnya menurut saya toh kalaupun bersatu, bersatunya itu cuma semu soalnya bagaimana mungkin dikatakan bersatu lawong sebagian mencoba berdiri diatas kebenaran dengan membiarkan yang lain berdiri diatas yang salah tanpa mengingatkan. Cuma prihatin aja aku sama orang-orang yang mengatakan yang penting bersatu dahulu benar salah itu cuma masalah perbedaan pendapat saja.

Dulu-dulu sekali waktu cupu2nya ngeblog aku pernah bilang : "Jika sesuatu yang benar dan salah itu relatif (pendapat masing-masing), maka di dunia ini sebenarnya tidak ada kebenaran dan juga tidak ada kesalahan. Segala sesuatu adalah relatif terhadap pandangan masing-masing"

setujukah anda ?

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sepakat mas agung
meski itu berat
andaikan semua mau menjunjung kebenaran yang hakiki.

sukron untuk e book nya

mpr mengatakan...

sepakat mas agung
meski itu berat
andaikan semua mau menjunjung kebenaran yang hakiki.

sukron untuk e book nya

ansar mengatakan...

kebenaran ada yang relatif dan ada yang mutlak.........tergantung dari definisi kita tentang kebenaran itu sendiri.....