Kenapa situs pemerintah lebih mudah di Hack ?

Senin, 20 Oktober 2008

Kenapa situs pemerintah lebih mudah di Hack ?

Yah ini mah lagu lama kayaknya ya. Sudah berkali-kali situs pemerintah kita begitu mudahnya di hack. Sungguh ironis memang, sebuah website dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah itu seolah begitu rentannya terhadap serangan.

"Pake Joomla sih", itu kayaknya komentar yang sering muncul. Ya memang benar sih situs-situs pemerintah yang harganya selangit itu memang di kebanyakan dibuat pake open source bernama joomla.

cuma aku sendiri nggak gitu setuju kalau pake joomla pasti gampang di bobol. Menurutku yang payah sih bukan joomlanya, tapi tentu saja penggunanya dalam hal ini yang develop situs-situs pemerintah pake joomla. Klo di luar nagari sono yang kadang saya sampai bisa ketipu tidak tahu kalau suatu website itu ternyata dibuat pake joomla, saking kreatifnya yang develop.

Tapi klo di indonesia, begitu aku buka website langsung saya tahu ooo di buat pake joomla. Pola sama install default, ubah tampilan dikit. jadi deh ....

memang payah baget jadinya klo gitu.

pajak dibobol
data siswa di bobol
data pemiliu di bobol juga kayaknya



moga pemerintah sadar telah menyewa orang yang salah untuk membuat website mereka

2 komentar:

zpiderboi mengatakan...

Pada ga baca ebook ini sih, jd anggapannya bahwa Joomla itu mudah di hack!!! salah stunya adalah ini : Apress.Beginning.Joomla.From.Novice.to.Professional.Jul.2007.pdf buat acuan ingin mengembangkan Joomla menjadi lbh hidup, n juga Joomla Security buat meningkatkan keamanan Joomla Anda, juga ya sering2 di patch ke versi terbaru. and jalan terakhir, sering2 mengunjungi web2 yang menyediakan pembelajaran mengenai exploit n mysql injection thd Joomla, kayak http://www.milw0rm.com, Lumayan buat jaga - jaga.

Anonim mengatakan...

HAHAHAHAHA .. memang benar mas, kebanyakan korupsi kali. Situs pajak juga kena? heheh ..

saya admin salah satu kantor pajak juga loh mas dan saya sendiri dan beberapa teman yang staff TI di kantor daerah juga cuma bisa bilang CKCKCKCKCK ketika melihat hasil proyek milyaran itu CUMA PAKE JOOMLA!

dalam hati gw mikir .. lha .. itu mah anak gw juga bisa ..

BWAHAHAHAHAHAH